News


Pelabuhan-Peti-Kemas-Bitung-2A

Jakarta – Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Bulan Maret 2015 tercatat sebesar 111,6 miliar dolar AS. Bank Indonesia (BI) menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Menurut Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Peter Jacob dalam keterangan resminya, cadangan devisa per Maret 2015 ini memang lebih rendah dibandingkan dengan posisi pada akhir Februari 2015 yang sebesar 115,5 miliar dolar AS.

“Penurunan posisi cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamental,” jelasnya.

Meskipun mengalami penurunan, BI meyakini posisi cadangan devisa per akhir Maret 2015 tersebut masih cukup untuk membiayai 6,9 bulan impor atau 6,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. “Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” tambahnya.

Sumber: kemenkeu.go.id

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //