News


KEMERIAHAN mewarnai pesta penyambutan Kapal Penjaga Pantai India (ICGS) Sankalp di dermaga Jakarta International ContainerTerminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta. Beragam sajian kesenian dan makanan disuguhkan dalam penyambutan yang berlangsung, Rabu malam (17/12).

Selurub kru ICGS Sankalp turut memeriahkan acara yang berlangsung di buritan kapal berkelir putih itu. Selain itu, acara juga dihadiri Duta Besar India untuk lndonesia Gujrit Singh, beberapa perwira dari TNT AL, Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan SAR Nasional (Basamas) serta finalis kontes kecantikan Miss India Indonesia.

Acara di mulai pukul 19.00, seiring dengan kedatangan kedubes Singh yang membawa istrinya Neeru Singh. Singh bersama anak dan istrinya menyempatkan diri berkeliling di kapal bernomor lambung 46 itu. “ Kunjungan ICGS Sangklap ke Jakarta adalah bukti kerja sama yang erat antara Indonesia dengan India,” tutur Dubes singh yang mengenakan batik coklat.

Singh mengaku bangga bisa merealisasikan kerja sama antara Indonesia dengan India, khususnya di bidang kemaritiman. Katanya, ini juga merupakan bukti bahwa India turut mendukung gagasan poros maritime yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. “Saya sangat setuju dengan gagasan itu, karena Indonesia dan India adalah negara  yang sama-sama mempunyai wilayah laut yang luas. Sudah banyak kerja sama di bidang kelautan berhasil dilaksanakan antara kedua Negara,” sambung diplomat bertuban itu.

Dia juga mengucapkan selamat kepada organisasi Bakamla yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi. “ Dan ini adalah kapal pertama yang datang  setelah Bakamla diresmikan Presiden,” katanya.

Pada kesempatan itu , Singh juga mengungkapkan kebanggaanya pada kapal tersebut. Pasalnya, seluruh proses perakitan kapal dan bahan-bahan kapal itu murni dilakukan India.

Kapal ICGS Sankalp merupakan kapal  patroli keamanan laut India. Kapal itu memiliki panjang 105 meter (m), Iebar 12,9 m dengan kecepatan hingga 25 knot. Kapal diawaki  I 06 personil dan dikomandani Deputi Inspektur Jenderal Maneesh V. Pathak.

Komandan Pathak mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diterima kapal ICGS Sankalp. Dia bilang India dan Indonesia sudah bekerja sama cukup lama dalam bidang maritim. “Kunjungan kami adalah wujud dari kerja sama tersebut. Diharapkan, kerja sarna makin meningkat. Terlebih setelah dibentuknya Bakamla. Hal itu adalah . bentuk dedikasi Indonesia menjaga wilayah maritimnya,” ujamya.

Sebelum dipersilakan makan para hadirin diajak menonton cuplikan video berisi kegiatan kapal ICGS Sankalp dan krunya mengunjungi beberapa Negara dalam perjalanan bertajuk Extending the Horizon. .

Kapal ICGS Sankalp berlabuh di dermaga JICT II puku1 9.00 pada 15 Desember. Kapal itu akan meninggalkan dermaga pada 18 Desember. ( Rakyat Merdeka)

 

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //