News


JAKARTA—PT Jasa Armada anak usaha PT Pelabuhan Indonesia melakukan kontrak kerja sama dengan PT Pertamina Lubricants untuk pengadaan pelumas kebutuhan kapal di lingkungan kerja pelabuhan.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh Dirut PT Jasa Armada Indonesia (JAI) Dawam Atmosudiro dengan Dirut PT Pertamina Lubricants, Supriyanto DH, di Jakarta, Rabu (26/11).

Supriyanto mengatakan, Pelindo II memercayai penggunaan pelumas produksi Pertamina Lubricants untuk seluruh armada kapalnya di seluruh pelabuhan Indonesia.

Langkah ini diambil oleh Pelindo II, setelah membuktikan kualitas pelumas Pertamina, ketersediaan barang, ketepatan jumlah dan pengiriman serta layanan purna jual, khususnya terhadap perusahaan yang bergerak di bidang perkapalan.

Dia mengatakan pelumas Pertamina selama ini sudah digunakan sejumlah Shipping Line a.l. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Tempuran Mas, SPIL, dan Meratus. “Belum pernah ada masalah penggunaan pelumas tersebut oleh pelayaran,bahkan mampu meningkatkan kinerja mesin kapal mereka,” ujarnya.

PT.Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT. Pertamina yang didirikan sekitar satu tahun lalu. Sedangkan PT JAI, merupakan salah satu anak perusahaan Pelindo II yang didirikan sejak 2013 namun baru beroperasi pada September 2014.

Supriyanto mengatakan, hampir seluruh pelayaran nasional juga sudah menggunakan pelumas kami. Bahkan,kata dia, kapal VLCC berkapasitas 350 ribu DWT sudah menggunakan lubricants tersebut. “Kami sangat mengapresiasi kepercayaan ini. Kami juga berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik sehingga kerja sama ini bisa lebih berkembang,” paparnya.

Dia mengatakan, Pertamina Lubricants saat ini merupakan produsen pelumas terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi mencapai 600.000 Kilo Liter (KL) per tahun dengan penguasaan pasar domestik 60% dan telah mengekspor pelumas ke 26 negara di Asia,Eropa, Australia, Amerika maupun Afrika.

Bisnis pelumas Pertamina, ujar Supriyanto, telah didukung dengan fasilitas produksi berupa tiga unit lube oil blanding plat (LOBP) dan satu unit grease plant.( Bisnis Indonesia)

 

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //