News


pelabuhan-sunda-kelapa-9-650x250

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menilai industri kemaritiman hingga saat ini masih sulit mendapatkan pembiayaan dari perbankan. Hal ini dikarenakan perbankan masih menganggap industri kemaritiman kurang menguntungkan.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Natsir Mansyur mengakui bahwa industri kemaritiman memang kurang diminati perbankan. Padahal industri di sektor ini sangat memerlukan dukungan pembiayaan dari bank komersial. “Terutama industri pelayaran dan pembangunan kapal, mereka ini butuh sekali pinjaman untuk modal usahanya dari perbankan,” kata Natsir di Jakarta, Senin (1/6).

Natsir menambahkan, pengusaha pelayaran membutuhkan pembiayaan perbankan meremajakan ataupun membeli kapal baru. Banyaknya kapal-kapal yang sudah termakan usia dianggapnya sudah tidak layak lagi untuk beroperasi. “Rata-rata kapal usianya sudah 20 tahun lebih, jadi perlu peremajaan kapal,” jelasnya.

Industri perbankan sendiri hingga saat ini mengakui telah banyak menyalurkan pembiayaan dalam bidang kemaritiman, khususnya pada industri galangan kapal. “Pembiayaan untuk industri galangan kapal itu sudah banyak dan bagus,” kata Herry Sidharta selaku Direktur PT Bank Negara Indonesia (BNI) kepada Nusantara Maritime News.

Menurut Herry, industri galangan kapal bisa mendapatkan fasilitas kredit dengan bunga yang murah. “Selama feasible dan bankable ya bank tetap bisa (memberikan kredit),” tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bobby R Mamahit mengatakan, pemerintah sedang mengupayakan adanya fasilitas pinjaman perbankan bagi para pengusaha pelayaran dalam mengusahakan kapal.

“Fasilitas kredit kapal sedang kami upayakan ke lembaga keuangan, dalam hal ini perbankan. Memang masih banyak kendala lantaran banyak bank belum menganggap industri pelayaran suatu yang menguntungkan,” kata Bobby.

Sumber: maritimenews.id

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //