News


SMI-650x250

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) selama semester I/2015 memperoleh komitmen pembiayaan sebesar Rp7,41 triliun atau tumbuh 60,5 persen dibanding periode sama 2014 sebesar Rp4,61 triliun.

Dari komitmen pembiayaan sebesar Rp7,4 triliun, dokumen SMI menunjukkan realisasi pembiayaannya mencapai Rp5,1 triliun, meningkat dibanding realisasi semester I-2014 sebesar Rp4,2 triliun. Demikian disampaikan Direktur Utama PT SMI  Emma Sri Martini di Jakarta, Rabu (1/6).

Emma mengungkapkan, sektor listrik masih memberikan kontribusi terbesar, disusul sektor minyak dan gas bumi serta jalan dan jembatan.

“Komitmen pembiayaan yang diperoleh tersebut disalurkan untuk proyek-proyek infrastruktur yang secara agregat bernilai Rp65,1 triliun sehingga multiplier effect yang dihasilkan mencapai 8,8 kali,” kata Emma.

Berdasarkan portofolio PT SMI, pembiayaan itu tersalurkan ke sektor listrik sebesar 33 persen, minyak dan gas bumi 19 persen, jalan 14 persen, telekomunikasi 7 persen, air bersih lima persen dan irigasi dua persen.

Pada semester I-2015, pembiayaan SMI tersalurkan ke beberapa proyek seperti pembangunan Jalan Tol Cikopo – Palimanan, pengembangan Terminal III Bandara Soekarno Hatta. Kemudian, proyek listrik untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2X12,5 MW di Bintahale-Gorontalo.

Untuk sektor pelabuhan, pembiayaan SMI tersalurkan ke Pelabuhan Dompak, Tanjung Pinang. Proyek Terminal LPG Semarang, Jawa Tengah untuk sektor gas. Proyek jembatan Pumbiu, di Sulawesi Barat untuk transportasi jembatan dan berbagai macam proyek lainnya.

Meskipun sektor listrik menjadi penyerap terbesar pembiayaan SMI, pinjaman dari SMI untuk sektor transportasi mengalami kenaikan signifikan menjadi 22 persen dari total pembiayaan perseroan.

“Pada semester II, diperkirakan prospek penyaluran pembiayaan infrastruktur akan semakin baik didorong rencana pemerintah yang akan mempercepat pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Sumber: maritimenews.id

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //