News


| |

Usman Harun

Kapal Republik Indonesia (KRI) Usman Harun dipastikan akan tetap berlayar menuju perairan timur Indonesia.. Soal keberatan Singapura atas nama kapal tersebut, TNI Angkatan Laut tidak akan menggubrisnya.

KRI Usman-Harun akan tetap berangkat menuju perairan timur Indonesia, serta kemungkinan berlayar ke deerah lain apabila kehadirannya dibutuhkan. Menurut Wakil Kepala TNI Angkatan Laut, Laksamana Madya Hari Bowo, pihaknya sudah final mengenai keputusan tersebut dan tidak akan mengubahnya. “Tak ada masalah soal penggunaan nama tersebut,” tegas Hari Bowo. Panglima TNI Jenderal Moeldoko juga menanggapi keberatan itu dengan menyatakan bahwa penamaan kapal perang Indonesia ini tidak memiliki maksud tertentu.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Singapura K. Shanmugam telah menyampaikan protes kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa, perihal nama KRI Usman Harun. Nama itu menurut pemerintah Singapura dianggap melukai perasaan keluarga korban pengeboman di Mac Donald Orchad Road, yang terjadi tahun 1965.

Namun, Menlu Marty Natalegawa menegaskan,pihaknya tidak akan mengirim surat ke Singapura untuk merespon protes itu. Penamaan kapal KRI Usman Harun dinilai sudah sesuai prosedur. “Masalahnya sudah selesai. Mereka sudah mengetahui bahwa ini sesuatu yang sudah kami putuskan,” kata Marty. (Lbk, diolah dari berbagai sumber)

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //