News


kapal-susi

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berniat meledakkan 70 kapal asing yang menjadi armada kegiatan pencurian ikan ilegal (Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing/IUU Fishing).

Selain menunjukkan ketegasan pemerintah melawan pencurian ikan, rencana itu juga sebagai hadiah atas Hari Ulang Tahun Indonesia ke-70.

“Karena HUT Indonesia ke 70, jadi meledakkan 70 kapal. Sekarang KKP sudah menangkap 36 kapal, TNI AL sama marinir harus cari 34 kapal lagi,” kata Menteri KKP Susi Pudjiastuti saat menghadiri seminar penyelamatan terumbu karang di Gedung Graha Marinir, Jakarta, Kamis (6/8).

Susi selama ini memang dikenal tidak segan menindak tegas kapal asing yang melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia. Tindakannya ini sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikan mandat untuk memberantas IUU fishing di wilayah perairan Indonesia.

“Tanpa meriam dan tanpa senjata, ternyata kita sudah bisa mengusir ribuan kapal. Karena kemauan, kita punya strategi dan ide yang bagus, punya efek jera yang dilontarkan dan ditanggapi oleh Pak presiden. Rasanya sekarang susah tidak ada yang berani nakal lagi,” kata Susi beberapa bulan lalu.

Sebagai informasi, pada hari Kebangkitan Nasional lalu, pemilik maskapai Susi Air ini, menenggelamkan 45 kapal asing. Kapal-kapal itu ditenggelamkan serentak di enam wilayah berbeda, yaitu lima kapal di Merauke, lima kapal di Ambon, 17 kapal di Bitung 17, 11 kapal di Pontianak, enam kapal di Batam dan satu kapal di Medan.

Sumber: cnnindonesia.com

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //