News


JAKARTA. Demi menggenjot kinerja, PT Pelabuhan  Indonesia (Pelindo) IV berencana mengembangkan  sejumlah pelabuhan yang dikelola. Untuk mendukung ekspansi ini, perusahaan plat merah ini tengah mencari sumber dana.

Pelindo  IV berupaya mendapat  dana  dari  penyertaan modal negara (PMN) di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015. “Kami mengajukan PNM sebesar  Rp  2  triliun,”  ucap Mulyono, Direktur Utama PT Pelindo  IV kepada KONTAN akhir pekan lalu.

Menurutnya sisa kebutuhan anggaran  tambahan  untuk proyek, bisa dipenuhi dari kas internal perusahaan ini, atau menggunakan alternatif pinjaman  perbankan  maupun menerbitkan obligasi. Dengan asumsi  pengerjaan  proyek memakan waktu  tiga  tahun sampai lima tahun, maka setiap  tahun, Pelindo  IV diharapkan bisa menyiapkan dana internal sekitar Rp 1,2 triliun.

Sedangkan untuk porsi pinjaman perbankan atau penerbitan surat utang  jumlahnya masih akan dihitung menyesuaikan dengan persetujuan dana penyertaan modal.

Pelindo IV akan menggunakan dana suntikan penyertaan untuk  perluasan  pelabuhan Merauke, Sorong,  Jayapura, Manokwari, Ambon, Ternate, Kendari, Bitung dan Tarakan. Hanya, Mulyono  belum memerinci detil proyek ini. Yang jelas, jika proyek perluasan ini terwujud, maka bisa memperlancar arus barang di kawasan Indonesia Timur. “Dengan arus yang lancar maka volume kargo juga akan ikut naik,” imbuhnya.

Meski proyek perluasan pelabuhan masih di atas kertas, Pelindo IV optimistis bisa meningkatkan arus peti kemas di beberapa pelabuhan. Tahun lalu mereka membongkar muat peti kemas 1,7 juta twenty foot equivalent unit (TEUs), dan target tahun ini naik menjadi sekitar 1,87 juta TEUs.

Asal tahu saja, sepanjang 2014 Pelindo IV mencatatkan kenaikan pendapatan Rp 2,2 triliun atau meningkat 21% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan untuk  laba juga tumbuh 31% di periode yang sama menjadi Rp 680 miliar. ( Kontan)

 

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //