News


MAKASAR—PT Pelindo IV mengklaim telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 triliun yang akan dikucurkan pada tahun depan untuk pembangunan mega proyek Makassar New Port.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto mengatakan seluruh dana tersebut bersumber dari kas internal perusahaan yang juga diperuntukkan dalam mendukung konsep tol laut pemerintah.

Kendati demikian, lanjutnya, proses pengerjaan proyek MNP masih menunggu keputusan Kementerian Perhubungan terkait dengan izin dan skema pendanaan megaproyek strategis itu. “Ada beberapa skim yang disiapkan Kemenhub, tetapi kami berharap Pelindo IV tetap menjadi eksekutor maupun investor tunggal dalam MNP,” katanya kepada Bisnis, Minggu (30/11).

Menurutnya, Kemenhub tengah meninjau ulang proyek tersebut untuk merevisi luasan dan lokasi pembangunan serta skema pembiayaan MNP yang diestimasi menalan total dana sekitar Rp7 triliun.

Dengan kondisi tersebut, kata Budi, Pelindo IV belum bisa memulai pengerjaan fisik MNP, terlebih keputusan penunjukan perseroan sebagai investor tunggal belum dikeluarkan Kemenhub. Adapun, MNP merupakan bagian dari Mas terplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor IV Sulawesi yang bakal dibangun dengan tiga tahapan pengerjaan fisik.

Budi menjelaskan dana Rp1,5 triliun yang segera dikucurkan pada tahun depan itu akan digunakan untuk reklamasi lahan, pembangunan dermaga, lapangan penumpukan serta infrastruktur dasar dan alat bongkar muat.

Selain itu, perseroan juga telah menjalin komitmen dengan sejumlah perbankan dalam mendapatkan pinjaman untuk pendanaan proyek secara keseluruhan. “Keputusan Kemenhub diharapkan bisa segera keluar, apalagi kami juga siap jika nantinya ditunjuk sebagai investor tunggal MNP,” kata Budi.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahru Yasin Limpo menyatakan telah membahas MNP dengan Presiden Joko Widodo dalam forum pertemuan gubernur se-Indonesia yang digelar beberapa waktu lalu.

Menurutnya, komitmen pemerintah pusat bahkan telah diperoleh seiring dengan rencana ground breaking proyek tersebut pada tahun depan. “Presiden sudah menginstruksikan kementerian terkait untuk mendukung ini. Desain dan konsep MNP juga sudah saya presentasikan ke presiden,” ucap Syahrul. (Bisnis Indonesia)

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //