News


JAKARTA—Dua perusahaan BUMN pelayaran siap menjadi ujung tombak dan berbagi peran dalam mengimplementasikan konsep tol laut pada masa pemerintahan baru.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT Djakarta Lloyd mengaku bersedia mengoperasikan kapal tol laut yang direncanakan melintas dari wilayah barat ke timur Indonesia secara terjadwal.

Direktur Operasi PT Pelni Daniel E. Bangonan mengatakan kendati pihaknya baru memiliki satu unit kapal barang berukuran 115 TEUs untuk melayani angkutan barang, perseroan mengklaim berpengalaman mengoperasikan kapal baik jenis penumpang maupun kapal barang.

Dia menuturkan selama ini perseroan juga telah melayani seluruh daerah di Indonesia sesuai dengan tugas yang diberikan Kementerian Perhubungan melalui skema public service obligation (PSO).

“Seyogianya kapal tol laut itu national flag carrier. Pelni siap karena kami berpengalaman mengoperasikan kapal barang dan penumpang,” ujarnya, Kamis (16/10).

Pada sisi lain, Pelni juga akan mengembangkan bisnis pelayaran wisata sesuai dengan permintaan oleh tim transisi. Nantinya, standar pelayaran Pelni dilengkapi dengan pelayanan wisata di lokasi-lokasi wisata tanpa harus mengganggu operasional pelayaran. Salah satu caranya adalah dengan mengalihkan homebase sandar kapal.

Sebelumnya, alokasi waktu sandar kapal di lokasi nonwisata lebih banyak daripada di lokasi-lokasi wisata. Bila konsep tol laut berjalan, waktu sandar kapal yang lebih banyak akan dialihkan ke pelabuhan di dekat lokasi-lokasi wisata.

Hingga akhir tahun ini, perseroan sudah menetapkan KM Kelimutu untuk di Wakatobi dan kapal Tatamailau di Raja Ampat. “Jadi [sekarang] hanya memanfaatkan kapal Pelni bersandar di pelabuhan tanpa wisata ke pelabuhan wisata.”

1.500 TEUS

Sementara itu, konsep tol laut yang merupakan gagasan presiden terpilih Joko Widodo membutuhkan kapal berukuran sekitar 1.500 TEUs. Nantinya, kapal itu melayari dari wilayah barat hingga ke timur Indonesia secara terjadwal.

Diharapkan, pelayaran terjadwal ini akan menekan biaya logistik nasional yang sekarang mencapai sekitar 26% dari total PDB. Selain itu, jurang disparitas harga antardaerah dapat dikoreksi bila sistem logistik telah efisien.

Direktur Utama PT Djakarta Lloyd Arham S. Torik mengatakan pihaknya mendukung konsep tol laut dengan menjadikan perseroan tidak sebatas operator pelayaran, tetapi juga sebagai logistic provider atau jembatan logistik nasional.

Menurutnya, kapal tol laut harus ditunjang dengan kepastian adanya kargo angkutan baik dari kawasan barat Indonesia maupun timur.

Oleh karena itu, dia menilai perlu ada perusahaan yang mengatur kepastian kargo tersebut. Dengan kepastian jumlah muatan bagi kapal yang berangkat dari arah timur ke barat, otomatis akan menekan freight cost pelayaran.

“Ke depan, kami sebagai manajemen logistiknya. Oleh karena itu, kami akan membangun sistem distribusi barang di Indonesia,” ucap Arham.

Dia mengharapkan konsep kemaritiman melalui tol laut tersebut tidak hanya berdampak bagi pertumbuhan industri pelayaran dan pelabuhan, tetapi juga bagi industri maritim lainnya seperti industri pembiayaan maritim dan industri galangan kapal.

Konsep tol laut diperkenalkan Jokowi-Jusuf Kalla yang salah satu tujuannya ingin memperlancar arus barang dari barat ke timur Indonesia secara regular.

Dengan rute mirip pendulum itu, diharapkan sektor ekonomi masingmasing kawasan akan tumbuh merata karena jalur distribusi yang lancar dan biaya logistik menjadi turun.

Pemerintah juga akan menjadikan kawasan timur sebagai pintu masuk barang impor sehingga biaya kapal yang biasanya kosong dari timur akan terisi penuh.

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi sebelumnya mengatakan implementasi konsep tol laut harus dilaksanakan secara bijak dengan melibatkan pelayaran nasional yang selama ini berkontribusi membangun dan menjalankan sistem transportasi laut Indonesia.

Adapun, implementasi tol laut akan meningkatkan volume pergerakan barang antarwilayah, termasuk pergerakan dari dan ke wilayah-wilayah yang dilayari pelabuhan rakyat. (Bisnis Indonesia)

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //