News


JAKARTA – PT Pelayaran Indonesia (Pelni) menyiagakan seluruh armada kapal yang dimiliki perseroan untuk melayani pemudik selama periode 15 Desember 2014 sampai dengan 15 Januari 2015. Perseroan juga akan mengantisipasi sejumlah ruas yang diperkirakan terjadi peningkatan penumpang yang signifikan.

“Selama periode Natal dan Tahun Baru ini, seperti tahuntahun sebelumnya, kami telah melakukan re-routing dan reschedule kapal di ruas tertentu, penyediaan posko angkutan Natal, serta melakukan monitoring kesiapan kapal dan cabang dalam melayani para pemudik. Satu kapal yang kami rerouting adalah KM Kelud yang reguler melayari Jakarta-Tanjung Balai Karimun-Batam-Medan (pp),” jelas Sekretaris Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (15/12).

Dia menjelaskan, KM Kelud akan berlayar bolak-balik antara Batam-Belawan, Medan, pada 20, 23, dan 28 Desember 2014. Hal yang sama juga akan berlaku pada arus balik dari Medan ke Batam pada 4 dan 6 Januari 2015. Pada arus mudik tahun lalu di ruas Batam-Medan terjadi kenaikan sebanyak 6.499 penumpang (58%) dari 11.230 penumpang pada 2012 bertambah menjadi 17.729 penumpang pada 2013.

Rute lain yang diantisipasi karena ditaksir mengalami kenaikan jumlah penumpang selama periode mudik Natal, sambung dia, antara lain Kupang, Bitung, Ambon, Sorong, Manokwari, Biak, Nabire, dan Jayapura. “Khusus KM Labobar yang biasanya melayari rute Manokwari-Sorong-Makassar, untuk tanggal 21 Desember akan menyinggahi Ambon guna mengantisipasi lonjakan penumpang dari Sorong yang menuju Ambon,” papar dia.

Yahya menjelaskan, bila pada puncak arus mudik Natal tahuntahun sebelumnya kapal Pelni dapat mengangkut penumpang hingga empat kali lipat dari kapasitas kapal, mulai tahun ini Pelni membatasi tiket yang dijual maksimal dua kali lipat dari kapasitas. “Kami memegang tanggung jawab besar untuk memastikan keselamatan jiwa seluruh penumpang yang ada di atas kapal, karena itu kami harus batasi jumlah penumpang,” ujarnya. (Investor Daily )

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //