News


BATAM – Penyelesaian pembangunan Pelabuhan Sijantung di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau diperkirakan molor, karena hingga memasuki kuartal IV-2014 masih banyak pengerjaan yang belum selesai. “Pengerjaan Pelabuhan Sijantung kemungkinan tidak selesai tahun ini. Kemarin, kami melakukan kunjungan ke sana, (proyek) belum selesai,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Zulhendri di Batam, Minggu (9/11).

Bila sampai akhir tahun belum selesai, Pemkot Batam akan menegur kontraktor proyek yang tidak menjalankan pekerjaan sesuai perjanjian. Pelabuhan Sijantung yang dibangun untuk memotong alur pelayaran Batam-Lingga itu direncanakan selesai Desember 2014.

Pemkot Batam bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepri bekerjasama dalam pembangunan pelabuhan itu. Pemkot Batam menangani pengerjaan di bagian laut dan Pemprov Kepri di bagian darat. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau Muramis mengatakan, bila sudah beroperasi, pelayaran Batam-Lingga dapat lebih singkat hingga lima jam. Karena selama Ini pelayaran Batam-Lingga harus melalui transit di Tanjungpinang.

Pemprov menyiapkan anggaran Rp 1,3 miliar untuk semua pengerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, sedangkan Rp 7 miliar disiapkan Pemkot Batam. Pengerjaan infrastruktur pelabuhan di lahan seluas 1,5 hektare (ha) itu dilakukan serentak oleh Pemkot dan Pemprov dan diharapkan juga selesai beriringan. Di pelabuhan itu, pemerintah akan menyiapkan dua ponton untuk keberangkatan dan kedatangan di pelabuhan itu. Hal itu dimaksudkan agar pelayanan tidak semerawut.

Sementara itu untuk kapal yang melayani pelayaran di sana, Pemprov Kepri akan memberikan kesempatan pada pengusaha di Tanjungpinang, Lingga, dan Batam. “Kami akan undang operator di Batam, Lingga, dan Tanjungpinang. Kami akan tawarkan siapa saja yang mau masuk,” kata dia. Sedangkan pengelolaan pelabuhan akan dilakukan bersama antara Badan Usaha Kepelabuhanan Kepri dan Batam. “Persentase bagi hasil disesuaikan dengan pengeluaran,” ujar dia. ( Ivestordaily )

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //