News


JAKARTA – Presiden Direktur Rokan Grup Rustian mengatakan, program pemerintah di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengoptimalkan berbagai sumber daya kelautan perlu direspons positif. “Sekarang ini momentum bangsa Indonesia untuk memberdayakan segala potensi kemaritiman yang telah lama dibiarkan tidur. Betul sekali langkah pemerintah Presiden Joko Widodo yang fokus ke laut,” kata Rustian di Jakarta, kemarin).

Menurut dia, potensi kelautan sudah lama didiamkan karena bangsa Indonesia terlena dengan kelimpahan minyak. Bangsa ini baru terkaget-kaget ketika minyak sudah nyaris habis. “Barulah kita ingat bahwa rakyat Nusantara ini memiliki kekayaan tak terkira di dalam laut. Selama kini kita membiarkan hal itu dikeruk maling-maling dari mancanegara,” tuturnya.

Rustian semula membangun industry perikanan di Bagan Siapi-api, namun belakangan terjun ke bisnis sawit di bawah bendera Rokan Grup. Pada era Orde Baru, dia sudah mengingatkan agar pemerintah membangun intermaritim. Hal itu dulu pernah disampaikan kepada Kepala Staf Angkatan Laut R Kasenda dan Ketua Badan Intelijen Strategis Benny Murdani, namun ditolak. “Intermaritim adalah bentuk komunikasi. Praktisnya, kapal-kapal nelayan nasional diberi peralatan canggih, sehingga begitu melihat ada kapal asing bisa langsung dilaporkan ke pusat pengendali,” ujar Rustian. (Investordaily)

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //