News


Golkar Gandeng Siapa

Perbincangan politik jelang  pilpres memang selalu menarik. Tahun 2014, diprediksi menjadi pertarungan politik paling sengit menuju kursi RI 1. Bicara Golkar, siapa yang benar-benar akan digandengnya nanti?

Suka atau tidak, figur masih menjadi daya tarik utama dalam perhelatan politik Pilpres 2014. Jauh-jauh hari, sejumlah parpol sudah sesumbar dengan jagonya masing-masing. Ada yang telah menjagokan satu paket, seperti HANURA yang mengusung Wiranto-Hari Tanoe, ada juga yang hanya mengedepankan capres, dengan harapan bisa berkoalisi dengan partai lain. Dari kasat mata, Gerindra sudah hampir pasti menyokong Prabowo sebagai Capres. Demokrat masih menimbang sejumlah nama dalam konvensi, sembari melihat situasi politik terkini. PDIP pun masih berahasia, meski sudah mengirimkan sinyal akan menjadikan Jokowi sebagai calon tunggal.

Lalu, bagaimana Golkar? Kasat mata, nama Aburizal Bakrie masih digadang sebagai capres. Tapi banyak pengamat mulai meragukan soliditas partai ini dibawah kepemimpinan Ical,  termasuk apakah pencalonan Ical sebagai capres juga merupakan hasil riil konsolidasi partai itu. Apalagi, berbagai survei yang semakin nyata nyaris menempatkan Ketua Umum partai ini di posisi underdog. Kasus Lapindo yang pernah membelit perusahaan keluarga Bakrie, juga sejumlah usaha lain dari keluarga ini yang dikabarkan pailit, disebut-sebut ikut menurunkan kepercayaan publik pada Golkar.  Belum lagi soal konsolidasi Golkar yang melemah di daerah sejak kepemimpinan Ical, serta tudingan bahwa sang Ketua Umum tidak aspiratif justru di kalangan internalnya sendiri. Sehingga bicara Golkar saat ini justru menarik, karena dipandang sebagai periode paling rapuh, sangat berbeda dibandingkan beberapa era sebelumnya yang cenderung selalu satu suara.

Bukan tak mungkin, peta politik internal Golkar akan berubah. Memunculkan pasangan calon capres dan cawapres alternative diluar nama Aburizal bakrie, atau mencarikan cawapres yang bisa mendongkrak perolehan suara Golkar pada pemilu 2014, tampaknya menjadi isu yang mulai menguat. Selain itu, nama Jusuf Kalla, Mahfud MD, tetap menjadi nama yang sejauh ini masih paling santer disebut. Tapi kedepan, siapa tahu?

Related Links :

Video :

Attachment :

 

 

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //