News


Pelabuhan Tanjung Priok (5)

Sistem logistik nasional (Sislognas) diharapkan mendukung proses pengelolaan rantai suplai berskala nasional. Peningkatan kerjasama logistik antara perusaaan jasa logistik asing dan domestik akan mampu menekan high cost (biaya tinggi) dalam distribusi.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Perdagangan dan Industri Edy Putra Irawady mengatakan pada akhir tahun ini Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan diberlakukan. Ini akan menjadi sebuah tantangan bagi industri jasa logistik di Tanah Air.

Namun, diakuinya bahwa perusahaan jasa logistik domestik masih memiliki kapasitas yang belum begitu kuat dibandingkan negara-negara lain. Ini juga yang menjadi salah satu penyebab masalah logistik nasional, yang pada akhirnya meningkatkan biaya tinggi dalam arus suplai barang.

“Permasalahan logistik di dalam negeri salah satunya adalah tingginya biaya logistik yang mencapai 14,24 persen dari biaya produksi, atau sekitar 25 persen dari PDB. Permasalahan ini juga yang menjadikan masih rendahnya daya saing kita,” kata Edy di Jakarta, Selasa (16/6).

Ia menilai, tidak ada salahnya perusahaan jasa logistik nasional bersinergi dengan perusahan logistik asing untuk meningkatkan daya saing, khususnya dalam menghadapi MEA.

Menurutnya, dengan modal makro ekonomi yang baik, banyak investor asing yang akan berminat bekerjasama dengan perusahaan jasa logistik nasional.

“Modalitas kita cukup besar. Pertama, jelas populasi kita ke empat di dunia, kue ekonomi terbesar di ASEAN, kita punya kelas menengah yang besar hampir 53%, kinerja makro ekonomi kita dalam 5 tahun terakhir 5,8% bahkan tahun lalu kedua dari Tiongkok di kawasan,” tuturnya.

Jika sinergitas ini terjadi, lanjut Edy, secara tidak langsung akan membantu memperkuat sistem Sislognas. Sislognas adalah suatu sistem yang mampu menjamin berlangsungnya proses distribusi barang dari satu tempat ke tempat lain dengan baik dan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dalam skala nasional.

Sislognas diharapkan mendukung proses pengelolaan rantai suplai berskala nasional,” pungkasnya.

Sumber: maritimenews.id

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //