News


Twitter-Foursquare

Saat seseorang memberikan tweet tentang lokasi mereka bekerja atau kegiatan melihat monumen di D.C., informasi tersebut akan diberikan oleh Foursquare.

Pada hari Senin lalu, Twitter menyatakan akan bekerjasama dengan Foursquare untuk memberikan data tag lokasi. Saat ini, Facebook dan Yelp masih menjadi yang terdepan dalam hal data lokasi sehingga penggunanya dapat memberikan tag lokasi mereka dan melakukan check-in untuk mendapatkan diskon menarik. Kompetisi yang ketat ini mendesak Twitter dan Foursquare untuk bekerjasama sehingga kedua situs tersebut dapat saling menguntungkan.

Data seperti apa yang dimiliki Foursquare? Saat ini, Foursquare memiliki jutaan panggilan API tiap hari dari 85.000 mitra yang bekerjasama dengannya.

Mitra data Foursquare antara lain Google’s Waze, Yahoo’s Flickr, Twitter’s Vine, Pinterest, dan sistem mobile Microsoft bernama Cortana. Foursquare juga telah menerima lebih dari 7 miliar check in di lebih dari 65 juta tempat di seluruh dunia. Pengguna Foursquare telah mengunggah 250 juta foto dan memberikan 70 juta tips, yang 90 juta diantaranya memiliki ciri khas tersendiri.

Tentu saja Foursquare dapat mengambil keuntungan dari himpunan data pengguna hingga mitranya. Selain itu, Foursquare juga dapat menyediakan basis data yang kuat terkait informasi lokasi. Menurut CEO Foursquare, perusahaannya telah membuat sebuah teknologi baru yang dapat mempelajari cara mengidentifikasi bangunan dengan pembacaan bentuk dan sensor dari permukaan tanah sehingga bangunan tidak terlihat berbentuk persegi seperti jika dilihat dari luar angkasa.

Foursquare telah membuat piranti lunak yang dapat memahami pergerakan orang saat orang berhenti atau masuk ke dalam suatu area seperti sebuah tempat, lingkungan, atau kota. Teknologi ini menghimpun informasi dari miliaran check-in pengguna sehingga dapat memberikan informasi lokasi yang lebih spesifik misalnya lokasi “The Navy Pier” dibandingkan dengan hanya memberikan lokasi kotanya misalnya “Chicago”.

Bagaimana tampilan lokasi saat anda mencantumkan lokasi anda dalam Tweet? Twitter memberikan video yang memperlihatkan bagaimana Foursquare memberikan layanan lokasi:

Segera hadir! Kami bekerjasama dengan @foursquare sehingga anda dapat memberikan tag lokasi yang spesifik dalam Tweet anda:

https://t.co/MwlLz5Pfvq pic.twitter.com/jATzXvbuV6

— Twitter (@twitter) 23 Maret 2015

Karena Foursquare memiliki data pengguna yang spesifik, detail, dan berharga, Foursquare akan membaginya dengan Twitter, sebuah perusahaan media sosial yang akan membayar data tersebut. Selain itu, Foursquare memperoleh pemahaman lebih dalam terkait preferensi pengguna untuk tiap tweet yang memiliki tag lokasi.

Visi Foursquare adalah menjadi sumber pencarian pribadi lokal dan rekomendasi yang andal. Foursquare telah memimpin di sektor tersebut dan akan memberikan data untuk para pengguna di sektor pencarian sosial/lokal.

Bagaimana pendapat anda tentang keputusan baru ini? Apakah kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak?

Penulis: Pam Vinje  

Digital Media Marketing Strategies| Web Presence Optimization | Reputation Mgt| Web Development| Free consult & report at Small Screen Producer

 

Leave a comment's

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top --> //